teks berjalan

Selamat Datang di Blog Si Penyayang Anjing Lucu

Merawat Anjing Chihuahua

Chihuahua adalah salah satu kelompok anjing jenis Toy, mengacu pada American Kennel Club (AKC), yang dihasilkan dari kawin silang antara anjing Toltec, Chinese crested dan techihi. Chihuahua merupakan jenis anjing terkecil diantara ras anjing yang ada di dunia dengan tinggi 20 cm dan berat 1 – 2,7 kg.

Karakternya sangat ingin menjaga pemiliknya, sehingga cukup protektif terhadap anjing asing. Chihuahua akan menggonggong (menyalak) jika ada orang asing atau penanda kedatangan seseorang. Chihuahua kurang senang bermain di luar rumah, cukup di dalam rumah dan tidak terlalu senang bermain ketangkasan yang terlalu berat.

Jenis dan kondisi kandang yang sesuai
Kandang atau rumah sangat penting untuk anjing kesayangan kita, sebagai tempat berlindung, beristirahat dan kenyamanan anjing. Selain kandang, yang perlu disediakan juga adalah alas, selimut untuk tidur serta peralatan makan dan minum. Bahkan jika perlu, area untuk “membuang kotoran” juga disediakan.

Pada dasarnya, Chihuahua tidak terlalu membutuhkan tempat (area) yang luas karena tidak terlalu suka bermain atau berolahraga. Artinya, Walaupun anda tinggal di rumah tipe kecil, Chihuahua tetap bisa di pelihara. Tapi, jangan membiarkannya bermain di dalam rumah tanpa kontrol dan pengawasan, karena ia gemar membuka-buka perabotan rumah. Akibatnya, anjing bisa keracunan makanan atau kemasukan benda asing. Karenanya, jika mau meninggalkan rumah, anjing tersebut dibawa atau dimasukkan ke dalam kandang.

Pakan
Pakan anjing terbagi dua jenis, pakan olahan dan pakan jadi. Pakan jadi dikenal dengan dogfood yang banyak terdapat dan dijual di petshop. Sedangkan pakan olahan adalah makanan yang terbuat dari berbagai bahan makanan yang diolah sendiri oleh pemiliknya. Untuk Chihuahua, idealnya diberikan dogfood dan sekali-kali diselingi dengan pakan olahan yang kita buat sendiri. Pemberian makan cukup dua kali dalam sehari dan jumlah yang diberikan sebanyak 30 gram dogfood. Hindari pemberian makanan yang berlebihan maupun camilan agar tidak mengalami masalah kegemukan (overweight).

Perawatan
Perawatan dan pengecekan kandang dengan peralatannya harus dilakukan dengan rajin. Jika tempat minum telah kosong atau kotor (kemasukan sesuatu) segera ganti dan bersihkan. Demikian juga dengan selimut dan tempat tidur, apabila telah kotor dan bau, segera diganti.

Olahraga
Akan sangat baik jika di bawa jalan-jalan dan berolahraga sekali-kali. Hal ini penting, agar anjing terbiasa dengan keramaian atau tempat umum. Namun jika belum terbiasa di tempat umum, maka cukup di halaman atau teras rumah saja.

Membersihkan tubuh dan bulu
Tipe bulu Chihuahua ada dua, tipe bulu pendek dan berbulu panjang. Perawatan bulu adalah dengan menyikat dan menyisir agar tidak kusut dan terlihat rapih. Penyikatan juga berguna untuk menghindari penyakit kulit dan kutu. Selain menyikat bulunya, jangan lupa untuk memandikannya. Memandikannya cukup sekali dalam sebulan saja, tidak perlu terlalu sering-sering.

Membersihkan Telinga dan Mata
Telinga Chihuahua mempunyai bentuk yang mengarah keatas. Karena itu, perlu dengan hati-hati untuk membersihkan telinganya. Lakukan pembersihan telinga seminggu sekali. Gunakan cotton bud yang telah dibasahi dengan baby oil untuk menghilangkan kotoran telinganya. Sedangkan, untuk membersihkan mata, gunakan segumpal kapas dan dibasahi dengan air hangat. Usap secara perlahan dan lembut ke ujung mata sampai bersih. Lakukan pembersihan ini seminggu sekali.

Memotong Kuku
Gunakan pemotong kuku khusus yang ada di petshop. Cara pemotongan harap diperhatikan, yakni memotong ujung kuku dengan hati-hati. Setelah dirasakan cukup pendek, haluskan kuku dengan bantuan alat yang ada dipemotong kuku.

Membawa anjing ke Salon atau Dokter Hewan
Untuk mendapatkan perawatan yang paling baik, anda bisa mengunjungi salon hewan. Demikian juga dengan kesehatannya anda bisa melakukan check up rutin (idealnya sekali enam bulan) ke dokter hewan untuk memeriksakan kesehatan Chihuahua kesayangan anda.

Problem dan Solusi
Kegemukan
Umumnya, banyak pemilik anjing yang terlalu sering memberikan pakan atau camilan. Pemberian makan yang berlebihan bisa berakibat anjing jadi malas, tidak banyak bergerak, lamban dan suka tidur-tiduran. Bahkan bisa mengalami kegemukan (obesitas). Untuk memastikannya, periksa tulang belakang anjing dengan merabanya. Jika hanya terasa daging, berarti anjing tersebut telah mengalami obesitas. Secara fisik juga dapat terlihat dari proporsi tubuh dan kepala yang tidak seimbang, yakni kepala kecil sedangkan tubuhnya kelihatan besar. Cara lain untuk memastikannya adalah dengan menimbangnya. Jika berat Chihuahua dewasa sudah lebih dari 3 kg, berarti anjing tersebut telah mengalami obesitas.

Keracunan
Sebagai anjing yang lebih sering berada di rumah, Chihuahua rentan keracunan karena tidak sengaja menelan atau menggigit sesuatu yang berbahaya. Beberapa benda yang dapat menyebabkan keracunan adalah cokelat, permen karet, avokad, kacang-kacangan, rempah-rempah seperti bawang, peralatan rumah tangga seperti mainan dan plastik, perhiasan, logam, kabel listrik, kotoran atau limbah rumah tangga serta produk rumah tangga berbahan kimia. Karena itu simpan baik-baik benda-benda tersebut agar tidak dapat dijangkau.

Tips dan Trik
- Mulailah melatih anak anjing saat pertama kali tiba di rumah.
- Berikan pakan yang baik dan bergizi seimbang.
- Ajak anak anjing bermain dan beraktivitas.
- Lakukan pengecekan kesehatan dan fisik anak anjing di rumah atau di dokter hewan.
- Kenalkan dan akrabkan dengan anjing lainnya yang telah dipelihara sebelumnya.
- Berikan kasih sayang kepada anak anjing dengan merawatnya sepenuh hati.

Gejala-gejala yang timbul apabila anjing akan sakit:
- Tidak mau makan atau nafsu makan berkurang
- Kesakitan saat buang air kecil
- Sulit menarik dan menghembuskan nafas
- Buang air berlebihan
- Minum yang berlebihan
- Gemetar dan lemah
- Kurang respon atau telihat lamban menerima rangsangan
- Kejang-kejang
- Menggonggong berlebihan yang tidak jelas
- Buang air yang disertai pingsan
- Buang air yang disertai keluarnya darah segar atau terlihat hitam
- Muntah darah akibat menelan benda asing (keracunan).
apabila gejala-gejala tersebut ada pada anjing kesayangan anda, maka segeralah bawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut. (by@dmin)

Referensi: Buku Pintar, Merawat Hewan Kesayangan PT AgroMedia Pustaka

3 komentar:

Anonim mengatakan...

mbak,kalau resep makanan olahan anjing untuk chihuahua nya mbak apa ya? siapa tahu saya bisa meniru
thanks

Unknown mengatakan...

Bisnis Online Yang Menjadikan Facebook Sebagai
Media/Sarana Penghasil Uang Dengan System Terbaru
Komisi 100% Untuk Anda ,dengan hasil yang luar biasa dan sangat mudah dijalankan,
dan satu lagi,bagi yang mempunyai blog,blog anda akan bertambah fungsi sebagai mesin penghasil uang anda.
Klik atau copy paste link berikut:

http://tinyurl.com/bv5oe2e

Apabila anda bergabung sekarang kami berikan cashback sebesar 50%

sms:085641877372 atau email saya: xtshop30@gmail.com

Anonim mengatakan...

Anjing chihuahua saya juga susah makan, tidak mau makan dog food padahal sudah saya kasih royal can in, timbul ide saya masakin lah daging ayam di rebus dengan wortel dan sedikit garam, akhir nya mau makan deh.