teks berjalan

Selamat Datang di Blog Si Penyayang Anjing Lucu

Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Rabies Sedunia 2012 di Indonesia



NTT - Peringatan Hari Rabies Sedunia (HRS) berlangsung di Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (9/10). Sedianya Hari Rabies Sedunia (HRS) jatuh pada tanggal 28 September. Peringatan HRS kali ini di NTT mengambil tema "Tokoh Agama Peduli Rabies”. Tema ini bertujuan meningkatkan komitmen Pemerintah Daerah dan peran serta masyarakat pada umumnya serta peran aktif tokoh agama pada khususnya dalam dalam program pengendalian Rabies menuju Indonesia Bebas Rabies 2020”.

Rata-rata selama 5 tahun terakhir (2008 - 12 September 2012) tercatat di Kementerian Kesehatan, terdapat 44.981 kasus gigitan hewan penular rabies dan  40.552 kasus diantaranya mendapat Vaksin Anti Rabies dan sebanyak 51 orang positif rabies.

Menurut Prof. Tjandra Yoga, pesan bagi masyarakat bila digigit hewan penular rabies (anjing atau lainnya) pertama kali adalah mencuci luka dengan air mengalir dan sabun selama 10 - 15 menit kemudian diberi antiseptik. Segera berobat ke Puskesmas/ Rabies Center atau sarana kesehatan lainnya untuk mendapatkan pertolongan dan pengobatan selanjutnya serta vaksinasikanlah hewan peliharaan (khususnya anjing) secara berkala.

Peringatan HRS sedunia di NTT dimeriahkan dengan serangkaian acara,  antara lain talk show di Radio lokal, penyuluhan tentang Rabies, pelatihan petugas Rabies Center, jalan sehat dan senam sehat yang diikuti oleh berbagai lintas sektor, Misa syukur di gereja Paroki Nelle, dan lain-lain.

Pada acara puncak kali ini dilakukan penyerahan Vaksinasi Anti Rabies untuk hewan dan manusia; penyuntikan kepada vaksinator dan anjing masyarakat; penyerahan kesepakatan Roadmap Floresta menuju Bebas Rabies tahun 2017 oleh kepada Gubernur NTT; serta pemberian penghargaan kepada mereka yang telah berupaya dengan maksimal untuk pengendalian Rabies di Flores.

sumber:
http://wartapedia.com/kesehatan/medis/9220-hari-rabies-sedunia--ntt-bagikan-vaksinasi-anti-rabies.html

Tidak ada komentar: